KONSEP DASAR RANGKAIAN LISTRIK

Rabu, 04 Mei 2011 ·

Dalam pokok pembahasan ini anda akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan konsep dasar rangkaian listrik, meliputi elemen-elemen dalam rangkaian listrik, yaitu elemen aktif dan elemen pasif, hukum dasar rangkaian listrik seperti Hukum Ohm, Hukum Kirchoff I dan II. Pengetahuan dasar yang menjadi bekal untuk mempelajari konsep dasar rangkaian listrik adalah mata kuliah Fisika Dasar serta Kalkulus Dasar.
            Konsep dasar rangkaian listrik menjadi landasan penguasaan materi-materi selanjutnya yang akan dibahas pada mata kuliah Elektronika I, maupun materi mata kuliah lain yang berkaiatan seperti Elektronika II, Eektronika Lanjut, dan Instrumentasi Alat Ukur.
            Setelah mempelajari bab ini mahasiswa diharapkan mampu :
1.      Menjelaskan beda komponen aktif dan komponen pasif.
2.      Menunjukkan perumusan komponen pasif R, L dan C.
3.      Menjelaskan konsep Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff I/II.
Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan Hukum Kirchoff I/II.
  
Sedikit gambaran tentang materi ini admin uraikan secara singkat di bawah ini:
Elemen Aktif 
Elemen aktif adalah elemen yang menghasilkan energi, pada mata kuliah Rangkaian Listrik yang akan dibahas pada elemen aktif adalah sumber tegangan dan sumber arus. Pada pembahasan selanjutnya kita akan membicarakan semua yang berkaitan dengan elemen atau komponen ideal. Yang dimaksud dengan kondisi ideal disini adalah bahwa sesuatunya berdasarkan dari sifat karakteristik dari elemen atau komponen tersebut dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luar. Jadi untuk elemen listrik seperti sumber tegangan, sumber arus, kompone R, L, dan C pada mata kuliah ini diasumsikan semuanya dalam kondisi ideal.

Sumber Tegangan (Voltage Source)
Sumber tegangan ideal adalah suatu sumber yang menghasilkan tegangan yang tetap, tidak tergantung pada arus yang mengalir pada sumber tersebut, meskipun tegangan tersebut merupakan fungsi dari t.
 
a. Sumber Tegangan Bebas/ Independent Voltage Source
Sumber yang menghasilkan tegangan tetap tetapi mempunyai sifat khusus yaitu harga tegangannya tidak bergantung pada harga tegangan atau arus lainnya, artinya nilai tersebut berasal dari sumbet tegangan dia sendiri.
b. Sumber Tegangan Tidak Bebas/ Dependent Voltage Source
Mempunyai sifat khusus yaitu harga tegangan bergantung pada harga tegangan atau arus lainnya.

Selanjutnya juga di bahas tentang Elemen pasif yakni seperti Resistor, Transistor, Kapasitor, Induktor/ Induktansi/ Lilitan/ Kumparan (L), dan lainnya hinga hukum ohm dan hukum kirchoff dilengkapi dengan gambar dan rumus - rumus lengkap. nah jika mau bisa di download langsung di sini (Semuanya ada 12 halaman, berkapasitas 199 Kb. materi ini merupakan materi kuliah admin pada semester 4 dengan dosen pengajarnya Ibu Tetti Novalina Manik, S.Si, MT.)

Di arsip admin materi lanjutan dari ini semuanya ada 7 bab  lagi. Jadi, setelah postingan ini, untuk judul pada bab - bab berikutnya nanti akan menyusul.





1 komentar:

Anonim mengatakan...
4 Mei 2011 09.09  

mantap gan,,





View blog authority