GEOMORFOLOGI DAN ASPEK ASPEK GEOMORFOLOGI

Senin, 09 Mei 2011 ·

Geomorfologi merupakan studi tentang bentuk-bentuk permukaan bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut. Proses-proses yang dominan adalah pelapukan dan erosi. Geomorfologi adalah suatu cabang ilmu dari geologi.

Geologi sebagai pengetahuan sejarah Yaitu sebagai ilmu yang mempelajari proses yang terjadi di alam membutuhkan waktu yang lama sehingga untuk mempelajarinya berdasarkan sejarah, misalnya proses pembentukan bumi itu sendiri sampai berjuta-juta tahun. Dahulu ada teori malapetaka yang mengatakan bahwa gejala geologi itu melalui perubahan yang revolusioner, misalnya muncul dan tenggelamnya daratan secara tiba-tiba, juga punah dan munculnya species-species tertentu (menurut Cuvier). Bahkan oleh D'Orbigny telah menetapkan bahwa bumi telah mengalami 27 kali revolusi. Setelah itu muncul teori perkembangan evolusi misalnya menurut Generelli. Ahli lain J. Hutton, menyatakan dalam teori "Uniformitarisma" nya bahwa waktu sekarang adalah kuncinya masa lalu. Dengan teori ini dapat mengetahui gejala proses yang terjadi pada masa-masa lalu (geologi) dengan hanya melihat atau mengamati keadaan sekarang. 

Geologi sebagai ilmu pengetahuan Yaitu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkenaan dengan gejala gejala yang ada di bumi baik asal, proses, hasil, misalnya mempelajari bahan-bahan alam yang berguna. Geologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang bumi (kulit bumi), baik mengenai susunannya, komposisi, sejarah, proses terjadinya maupun bentuknya. Cabang-cabang geologi antara lain : 

1.       1.  Geologi Ekonomi, ilmu yg mpljri ttg bhn2 alam yang ekonomis.
2.       2.  Geologi Teknik,  ilmu yg mpljri ttg pengg geologi dlm lapangan teknik sipil.
3.       3.  Geomorfologi, ilmu yang mempelajari tentang permukaan kulit bumi.
4.       4.  Hidrogeologi, ilmu yang mempelajari tentang air tanah.
5.       5.  Mineralogi, ilmu yang mempelajari tentang mineral-mineral.
6.       6.  Petrologi, ilmu yang mempelajari tentang batuan.
7.       7.  Paleontologi, ilmu yang mempelajari tentang fosil.
8.       8.  Volkanologi, ilmu yang mempelajari tentang gunung api.


Lengkapnya mengenai ini bisa di download lengkap di sini. Berisi 121 halaman berkapasitas 15,687 Mb.



0 komentar:





View blog authority