Strain ( regangan )

Selasa, 19 April 2011 ·

Pengertian strain
Strain adalah jumlah deformasi dari suatu bagian dalam kaitannya dengan gaya. Secara rinci strain (e) digambarakn sebagai perubahan panjang, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
pengertian strain

Elastisitas strain gauge erupakan perbandingan perubahan panjang  terhadap panjang mula – mula :
2

Parameter dasar dari strain gauge sensitivitas terhdap starin (tegangan), yan dinyatakan besaranya sebagai faktor gauge. Faktor gauge merupakan perbandingan fraksi perubahan resistansi (∆R) terhadap fraksi perubahan panjang (strain), secara matematis di tyulis sebagai berikut :
3
Nilai faktor gauge bahan berbeda beda contohnya
• metal incompressible Gf = 2
• piezoresistif Gf =30
Idealnya resistansi ari strain gauge akan berubah hanya merespon adanyan berubahan strain. Akan tetapi material strain gauge, seperti halnya jenis material yang dipilih sebagai pembentuknya akan dapat merspon perbuhan temperatur. Perushan pembuat starin gauge  berusaha meminimalis sensitivitas terhadap suhu (temperatur).

Strain dalam fluida
Zat cair yang kental (Glycerine & lubricant) fluiditasnya rendah. Apabila cairan kental mengalir terhadap bidang padat maka terjadi perubahan kecepatan (dalam arah tegak lurus) terhadap arah aliran, hal ini disebabkan oleh viskositet;
Makin dekat lapisan terhadap bidang padat, kecepatan lapisan (v) semakin kecil; pada y=0 dan v=0, jadi setiap lapisan bergeser terhadap yang lainnya, sehingga timbul gaya gesek atau gaya geseran, menurut hipotesa ISAAC NEWTON (1686) yang kemudian dibuktikan oleh N.P PETROV (1883), regangan geser (Shear Strain) tergantung pada jenis fluida dan jenis aliran.
lebih lengkap tentang ini, lihat situs sumber: ccitonline.com/e-

2 komentar:

Belajar Komputer mengatakan...
19 April 2011 08.29  

Blog bagus, mengingatkan kmbali waktu kuliah dulu..thanks ya udh di share

admin mengatakan...
19 April 2011 08.51  

sama-sama gan,,, seneng aja posting2 gini biar arsip bhn ada di internet,,1!?
,,,hehe





View blog authority