Geologi Struktur

Selasa, 19 April 2011 ·

PEMAHAMAN DASAR
Struktur batuan, terbagi atas tiga, yaitu :
1. Struktur Primer, yaitu struktur yang terjadi pada saat proses pembentukannya, struktur ini biasanya dikenal sebagai struktur sediment. contohnya : 
  1. Graded Bedding (bersamaan dengan pembentukan).
  2. Parallel Lamination (bersamaan dengan pembentukan)
.2.  Struktur Sekunder, yaitu struktur yang terjadi setelah batuan terbentuk, struktur ini bisa biasanya dihasilkan oleh interaksi batuan dengan batuan, batuan dengan mahluk hidup, batuan dengan erosi dan dengan sedimentasi, serta batuan dengan proses tektonik.
  1. Bioturbation (batuan-mahluk hidup).
  2. Load Cast (batuan-batuan)
  3. Flute Cast (batuan-erosi-sedimentasi) 
  4. Sesar,Lipatan, Kekar (batuan-tektonik)
Geologi Struktur dalam kajiannya akan mempelajari struktur sekunder batuan yang terbentuk sebagai akibat interaksi batuan dengan tektonik, walaupun tidak semua struktur geologi terbentuk akibat interaksi ini. Interaksi batuan dengan Tektonik (dalam hal ini pergerakan antar lempeng), akan menyebabkan suatu batuan tersebut terdeformasi. Deformasi adalah perubahan dalam tempat dan/atau orientasi dari tubuh batuan. Deformasi secara definisi dapat dibagi menjadi :
  1.  Distortion, yaitu perubahan bentuk. 
  2. Dilatation, yaitu perubahan volume. 
  3. Rotation, yaitu perubahan orientasi. 
  4. Translation, yaitu perubahan posisi.
Ada dua cara suatu batuan terdeformasi, yaitu : Defomasi Brittle (getas/pecah) dan Deformasi Ductile (kenyal). Dalam menghadapi suatu gejala deformasi beserta akibatnya pada kerak bumi, maka kita akan berhadapan dengan suatu Gaya.

Selain ini juga akan dibahas tuntas mengenai stress dan strain, deformation dan cara pengukurannya. Download lengkap di sini format pdf kapasitas 471 Kb berisi 26 halaman lengkap dengan gambar. Jangan lupa comment dan follow blog.

3 komentar:

admin mengatakan...
19 April 2011 22.11  

jika agan mau reques,,, di kasih comment aja gan,,,hidup bw

gambutku mengatakan...
23 April 2011 02.25  

materi geo kah di.:D

admin mengatakan...
23 April 2011 03.16  

iya,,, sengaja nan ae ak upload sekalian mengarsipkannya supaya jangan hilang,,,hehe





View blog authority