Aplikasi Nanoteknologi Dalam Kehidupan Sehari - hari

Rabu, 09 Desember 2009 ·

Pada dasarnya, nanoteknologi ialah peluasan sains yang sedia ada pada skala nano. Salah satu aspek skala nano yang terpenting adalah bahwa semakin objek-objek menjadi kecil, semakin besar nisbahnya antara luas permukaan dengan isi padu. Fenomena ini telah memungkinkan penciptaan bahan-bahan yang menarik serta penggunaan-penggunaan yang baru. Umpamanya, bahan-bahan yang legap menjadi Lut Sinar ( tembaga ), bahan-bahan yang stabil menjadi bahan boleh bakar seperti aluminium, pepejal menjadi cecair pada suhu bilik seperti emas, dan yang terjadi pd silikon.

Nanoteknologi telah diaplikasikan pada produk-produk antara lain:

1.   Pada tekstil dan pakaian.

Dengan nanopartikel tekstil dan pakaian akan menjadi mudah dibersihkan dan dengan penambahan silver pada kaos kaki akan membuat nya mempunyai pengaruh pada pengurangan bau kaki. Tetapi akhir-akhir ini para peneliti mengingatkan bahwa tidak semua produk kaos kali yang mengandung perak akan aman bagi lingkungan. Hal ini karena pada saat pencucian, pada produk yang kurang bagus, perak akan terikut ke air cucian. Hal ini bisa menyebabkan efek negatif pada biota air. Selain perak, TiO2 diguanakan juga pada UV cut. Contoh yang umum di pakai adalah pada payung.


2.   Produk perawatan.

TiO3 dan SiO2 digunakan sebagai UV cut sementara apatite digunakan pada pasta gigi. Perak digunakan pada plester untuk mencegah infeksi dan emas nanopartikel digunakan pada tes kehamilan.

3.   Olahraga.

Nanopartikel digunakan untuk membuat peralatan olahraga menjadi lebih kuat, lebih baik dan berdaya guna tinggi. Contohnya pada raket merk Yonex yang menggunakan serat carbon.

4.   Perbaikan rumah.

Titania digunakan pada cat genting untuk membuat memberi efek pembersihan sendiri.

5.   Produk Rumah tangga.

Digunakan pada gelas, keramik, sepatu untuk berbagai macam pelapisan.

6.  Selain itu, Nanoteknologi juga dapat di aplikasikan dalam sistem Komunikasi Serat Optik, 

Dalam pada ini, sistem komunikasi serat optik terdiri dari tiga bagian: pemancar (transmitter), saluran komunikasi, dan penerima (receiver). Transmitter (yang terdiri dari dioda laser dan LED) berfungsi mengubah sinyal elektronik ke dalam bentuk gelombang cahaya dan memasukkannya ke dalam serat optik
 
Download file PDF tentang materi ini Di Sini
Comment Please....

2 komentar:

Anonim mengatakan...
29 September 2010 19.41  

maksih,,,sangan membantu tugas saya,,,

admin mengatakan...
20 April 2013 23.42  

Sm"...Senang jika artkel ini bisa membntu tgs anda,





View blog authority