PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Sabtu, 08 Januari 2011 ·

PENGOLAHAN KERIPIK DAUN SIRIH (PIPER BETLE LINN) ANEKA RASA RENYAH DAN GURIH YANG KAYA AKAN MANFAAT BAGI KESEHATAN SEBAGAI PROSPEK BARU WIRAUSAHA MAHASISWA

BIDANG KEGIATAN : Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK)

Diusulkan oleh :

1. Pariadi (J1D108054, Angkatan 2008)
2. Dewi Indriati Suryani (J1D109009, Angkatan 2009)
3. Rizky Amelia Demusfa (J1D110208, Angkatan 2010)
4. Dewi Jayanti (J1D110006, Angkatan 2010)
5. Rizka Ayunda Putri (J1D110009, Angkatan 2010)

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT; BANJARBARU; SEPTEMBER, 2010


1) Judul Program

Pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan sebagai prospek baru wirausaha mahasiswa.

2) Latar Belakang

Indonesia sebagai salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam merupakan salah satu negara megabiodiversity terbesar di dunia. Ribuan jenis tumbuhan yang diduga berkhasiat sebagai obat, sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain untuk pengobatan juga dimanfaatkan sebagai pencegahan dan pemulihan stamina serta kosmetika. Dari penelitian etnomedika yang dilakukkan oleh peneliti di Indonesia telah diketahui sekitar 418 spesies tumbuhan yang digunakan sebagai obat. Salah satunya adalah Daun sirih (Piper betle linn).

Daun sirih (Piper betle linn) termasuk sebagai tanaman obat (fitofarmaka), yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Daun sirih (Piper betle linn) memiliki khasiat yang tinggi dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit, Khasiat yang dimiliki antara lain dapat menghambat terjadinya mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi. Berdasarkan berbagai literatur, beberapa penyakit yang dapat diobati dengan daun sirih selain kencing manis, daun sirih sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif ambeien, gangguan saluran pencernaan, hemostatik, peradangan, kanker, asam urat, hipertensi (darah tinggi), hepatitis, kelelahan dan maag. Minyak atsiri yang terdapat pada daun sirih (Piper betle linn) mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavbanyak mengicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Selain itu daun Sirih juga berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Selain itu juga daun sirih ini sangat bermanfaat untuk orang yang batuk, sariawan, bronchitis, jerawat, keputihan, haid tidak teratur, luka bakar, koreng, kurap kaki, bisulan, sakit mata, menghilangkan gatal-gatal, dan menurut kutipan Indian Journal Of Pharmacology daun sirih dapat pula meningkatkan kesuburan pria apabila dikonsumsi dengan baik.

Masyarakat pada umumnya kurang menyadari bahwa besar manfaat dari mengkonsumsi tanaman obat daun sirih (Piper betle linn), jika dengan baik mengkonsumsinya, sebenarnya kita telah menerapkan hidup sehat karena zat – zat yang terkandung dalam daun sirih (Piper betle linn) dapat mencegah bahkan mengobati berbagai penyakit dan menghilangkan bau mulut. Alternativ yang sangat bagus apabila dalam pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan sebagai prospek baru wirausaha mahasiswa disajikan kepada mesyarakat agar mempermudah masyarakat dalam mengkonsumsi tanaman obat dengan manfaat besar tetapi lebih menggiurkan.

keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan merupakan makanan ringan yang mudah dicerna dan tentunya banyak memiliki kandungan manfaat bagi. Seain itu, keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan ini juga dapat menjadi alternativ cemilan yang menyehatkan disaat santai di depan televisi atau saat bersama teman – teman dan keluarga.

3. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam program krativitas sebagai berikut:

1. Bagaimana Pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi di masyarakat

2. Bagaimana strategi pemasaran yang harus diterapkan pada usaha Pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

3. Apa dampak ekonomis yang timbul dengan adanya Pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

4. Tujuan Program
Tujuan dari program kreativitas sebagai berikut:

1.Untuk mengetahui pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi di masyarakat

2.Untuk mengetahui strategi pemasaran yang harus diterapkan pada usaha pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

3.Untuk mengetahui dampak ekonomis yang timbul dengan adanya pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

5.Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari PKM ini adalah terciptanya produksi keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi di masyarakat.


6.Kegunaan Program
Kegunaan dari wirausaha keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan ini, antara lain:


Bagi Mahasiswa
1.Memberikan peluang usaha bagi mahasiswa
2.Untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam berwirausaha khususnya dalam pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Bagi Masyarakat
1.Membuka wawasan baru dalam pengolahan tanaman obat yakni daun sirih (Piper betle linn) dalam bentuk makanan kecil yang mudah dikonsumsi.
2.Membuka prospek lapangan pekerjaan baru yang relatif mudah dan murah.
3.Alternatif camilan yang menyehatkan
4.Memberdayagunakan daun sirih (Piper betle linn) menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi di masyarakat

7.Gambaran Umum Rencana Usaha
Aktivitas direncanakan dikerjakan di Kota Banjarbaru, dengan alasan di wilayah tersebut memiki potensi besar wirausaha karena penduduknya yang terbilang padat. Bahan baku mudah diperoleh dari petani sirih di desa sekitar banjarbaru. Bahan lain yang digunakan dalam pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan ini adalah daun sirih (Piper betle linn), tepung beras, gula, garam, bawang putih, ketumbar ,kemiri, telor, minyak goreng, daun jeruk, minyak tanah dan aneka rasa ( pedas manis, keju dan rasa balado). Alat yang digunakan antara lain wajan, pengaduk, serok, kompor gas, blender, pisau, baskom, sendok, penggerus, spinner, bakul peniris, penggorengan dan kelengkapannya., timbangan meja, serbet, dan gunting kecil.

Proses pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan meliputi:

7.1 Proses Produksi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pisahkan daun sirih (Piper betle linn) dengan tangkai. Siapkan wajan berisi air mineral, panaskan dengan suhu rata - rata 100°C. Kemudian daun sirih (Piper betle linn) dicuci bersih, dan daun sirih yang telah bersih kemudian dimasukkan ke dalam wajan berisi air mineral yang sudah mencapai suhu 100°C selama 10 menit hingga warna daun berubah menjadi hijau kehitam – hitaman . Setelah daun sirih layu kemudian daun diangkat dan dikeringkan di bawah terik sinar matahari hingga daun tersebut kering. Selanjutnya pembuatan bumbu dilakukan dengan mencampurkan gula, garam, fitsin, bawang putih, ketumbar, daun jeruk dan kemiri yang terlebih dahulu dihaluskan dengan blender. Setelah bumbu siap, saatnya menyiapkan adonannya yaitu dengan menuangkan tepung beras secukupnya dan kuning telor kedalam baskom adonan. Kemudian ditambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam baskom aduk hingga merata. Setelah adonan siap masukkan bumbu yang telah terlebih dahulu dihaluskan, kemudian aduk hingga merata. Seteahnya tenambahkan aneka rasa dalam adonan yang telah siap. Setelah semua adonan siap maka daun sirih yang sudah kering kemudian dicelupkan kedalam adonan dan digoreng dalam minyak yang panas hingga matang dan renyah. Kadar minyak keripik dikurangi dengan menggunakan Spinner. hal ini dimaksudkan untuk menghindari ketengikan dan meningkatkan daya simpan keripik. keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan yang telah di-Spinner kemudian dikemas.

7.2 Proses Pengemasan

Proses pengemasan dilakukan dengan menyertakan informasi produk (nama produk, komposisi, tanggal kadaluarsa, dan tempat produksi). Pengemasan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dibuat bervariasi sesuai ekonomisasi harga yang diberikan untuk setiap kemasan. Keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dalam kemasan ditimbang satu demi satu menggunakan neraca ohaos dan diawasi agar tidak terjadi kesalahan.

7.3 Proses Pemasaran dan Distribusi

Proses pemasaran dilakuakan dengan memperkenalkan produk pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan untuk menarik minat konsumen. Pemasaran dilakukan secara langsung dengan menjual sendiri atau menawarkan kepada orang-orang yang berada di jalan, di kampus dan di komplek-komplek perumahan, menitipkan ke toko makanan atau di warung-warung makan, pusat oleh-oleh bagi para pendatang yang hendak kembali ke daerah asalnya dan dipasarkan ke mini market terdekat.

Produk yang dihasilkan ditargetkan kurang lebih sebanyak 800 kemasan setiap satu bulannya. 600 kemasan kecil dan 200 kemasan besar. Selanjutnya untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan pasar, sewaktu – waktu bisa dilakukan produksi pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dua kali dalam satu bulan.

8.Metode Pelaksanaan Program

Metode yang digunakan dalam program bidang kewirausahaan yang berjudul " Pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan sebagai prospek baru wirausaha mahasiswa" meliputi:

8.1 Aspek Pembelian

Segmen pasar produk olahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tidak memandang usia. Tua, muda, besar kecil dapat mengkonsumsi keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dapat dikonsumsi semua kalangan. Hal ini dikarenakan manfaat dari mengkonsumsi keripik tersebut dapat mencegah dan mengobati penyakit ambeien, gangguan saluran pencernaan, hemostatik, peradangan, kanker, asam urat, hipertensi (darah tinggi), hepatitis, kelelahan dan maag serta menghilangkan bau badan. Selain itu dengan adanya camilan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan ini, masyarakar yang cenderung tidak jarang mengkonsumsi tanaman obat khususnya daun sirih akan dapat mengonsumsi dengan bentuk dan rasa yang jauh lebih menarik.

8.2 Aspek Pemasaran

Usaha dimulai dengan mengenalkan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan ke khalayak ramai. Sosialisasi akan manfaat dan kelebihan dari produk. Sosialisasi dilakukan melalui media internet yaitu toko, warung, kantin, tempat wisata terdekat. Menjalin kemitraan dengan warung. toko dilakukan untuk memudahkan pemasaran barang. Mensosialisasikan kepada mereka bahwa keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan aman dikonsumsi, tidak mengandung bahan pengawet, pemanis, dan pewarna sintesis, tahan lama dan di jamin higienis. Alternatif camilan, kemasan yang menarik, harga yang bersaing, nilai gizi yang tinggi, dan produk yang tahan lama menjadikan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan diminati oleh masyarakat. Selain itu, menghindari produk di pasaran kosong atau terlambat di pasok karena akan berakibat pada menurunnya pembelian keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan akibat kekecewaan tidak adanya barang. Untuk itu setiap bulan akan mengontrol stock barang di pasaran. Pendistribusian barang diusahakan tepat waktu. Tidak adanya keterlambatan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu usaha. Kepercayaan konsumen akan produk juga menjadi hal yang utama.

8.3 Aspek Perkembangan Usaha

Apabila permintaan konsumen besar, selain bermitra dengan toko, warung, supermarket, akan membuka stand khusus sebagai tempat produksi sekaligus pemasaran. Tempat tersebut akan menjadi sentra usaha keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Target 1 tahun ke depan telah berdiri stand keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dengan produksi lebih dari >70 kg dengan asumsi produk akan habis dalam kurang dari satu bulan. Produksi akan terus diperbesar serta daerah distribusi produk diperluas hingga menjangkau wilayah lain. Selain itu, diproduksi keripik dengan variasi rasa yang berbeda untuk meningkatkan permintaan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Produksi yang besar tentu akan menyerap kebutuhan tenaga kerja sehingga membuka peluang kerja bagi masyarakat khususnya warga yang tinggal di daerah Banjarbaru. Diharapkan dengan adanya stand, masyarakat akan mulai melirik usaha keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan sebagai usaha yang menjanjikan sehingga tercipta sentra usaha keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan

8.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Pelaksanaan program kreativitas pengolahan keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan sebagai berikut :

Waktu : Januari – Juni 2011

Tempat Pelaksanaan : Sentra usaha keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan Jalan A. Yani Km.36 Gang Purnama No.10A

8.6 Tahapan Pelaksanaan

Metode pelaksanaan program kreativitas ini melalui beberapa prosedur, antara lain:
1.Membuat rancangan desain dan rincian

2.Menyiapkan tempat, peralatan, dan perlengkapan

3.Melakukan kegiatan produksi untuk memperoleh keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat

4.Melakukan pengemasan untuk memberikan nilai tambah pada produk agar terlihat lebih menarik, praktis, efisien, higienis, dan tahan lama sehingga meningkatkan nilai jual

5.Merintis jaringan pemasaran untuk memperkenalkan produk serta menarik minat para konsumen untuk membelinya. Menjaring jalinan kerjasama (kemitraan) dengan warung, toko, supermarket, dan tempat wisata, serta stand oleh-oleh.

6.Membuat laporan dan menyusun rencana ke depan.

9.Jadwal Kegiatan Program

Analisis Pendapatan dan Keuangan
Produksi 1 bulan 800 kemasan (600 kemasan kecil dan 200 kemasan besar)
Harga keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan yang ditawarkan adalah
Rp. 2.000,-/kemasan kecil
Rp. 5.000,-/kemasan besar
Hasil penjualan 1 tahun = 12 x (600 x Rp 2.000,- + 200 x Rp 5.000,-
= Rp.26.400.000,-
Total biaya bahan baku per tahun = 4 x Rp. 1.800.000,-
= Rp. 7.200.000,
Biaya operasional habis per tahun = Rp. 500.000,-
Profit per tahun = Rp. 18.700.000,-

Lampiran 1

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Ketua Pelaksana Kegiatan
1.
Nama Lengkap : Pariadi
Nama Panggilan : Pariadi
3.
NIM : J1D108054

4.


Tempat Tanggal Lahir : Sungsum, 28 Juli 1988

5.


Alamat Rumah : Jalan Astoria Gang Rambai RT.27 RW.05 Kelurahan Sei. Besar Komplek Beringin, Asrama Mahasiswa Balangan, Banjarbaru

6.


Alamat E-mail : pariadi20@gmail.com

7.


Riwayat Pendidikan : SDN Sungsum


SMPN 2 Awayan


MA Darussalam Awayan


Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru 2008-sekarang


Ketua Pelaksana Kegiatan,




(Pariadi)


NIM. J1D108054













Anggota Pelaksana 1


a. Nama Lengkap : Dewi Indriati Suryani


2.


Nama Panggilan : Dewi

3.


NIM : J1D109009

4.


Tempat Tanggal Lahir : Kotabaru, 24 Agustus 1991

5.


Alamat Rumah : Jalan A. Yani Km.36 Gang Purnama 12B

6.


Alamat E-mail : d.indriati@ymail.com

7.


Riwayat Pendidikan : SDN 1 Baharu Selatan


MTSN 1 Kotabaru


SMAN 1 Kotabaru


Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru 2009-sekarang


Anggota Pelaksanan 1,





(Dewi Indriati Suryani)


NIM. J1D109009




























Anggota Pelaksana 2


a. Nama Lengkap : Rizky Amelia Demusfa


2.


Nama Panggilan : Kiky

3.


NIM : J1D110208

4.


Tempat Tanggal Lahir : Martapura, 09 Nopember 1992

5.


Alamat Rumah : Jalan Batas Kota Dalam, Gunung Ronggeng Kelurahan Sei. Ulin Banjarbaru

6.


Alamat E-mail : kimie.miccie@gmail.com

7.


Riwayat Pendidikan : SDN Keraton 2 Martapura


SMPN 1 Martapura


SMA Telkom Banjarbaru


Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru 2010-sekarang


Anggota pelaksanan 2,





(Rizky Amelia Demusfa )


NIM. J1D110208


























Anggota Pelaksana 3


1.


Nama Lengkap : Dewi Jayanti

2.


Nama Panggilan : Jay

3.


NIM : J1D110006

4.


Tempat Tanggal Lahir : Mojokerto, 28 Oktober 1991

5.


Alamat Rumah : Jalan A. Yani Km.36 Gang Purnama No.10A

6.


Alamat E-mail : dewijayanti2825@yahoo.co.id

7.


Riwayat Pendidikan : SDN 004 Tg. Redap


SMP Negeri 1 Tg. Redap


SMA Plus Berau


Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru 2010-sekarang


Anggota Pelaksanan 3,





(Dewi Jayanti)


NIM. J1D110006




























Anggota Pelaksana 4


1.


Nama Lengkap : Rizka Ayunda Putri

2.


Nama Panggilan : Icha

3.


NIM : J1D110009

4.


Tempat Tanggal Lahir : Banjarmasin, 3 Mei 1992

5.


Alamat Rumah : Jalan Permata 1 Kompleks Griya Jati Permai No.B10 Banjarbaru

6.


Alamat E-mail : ayundaputri_03@yahoo.co.id

7.


Riwayat Pendidikan : SDN Mawar 2 Banjarmasin


SMP Negeri 9 Banjarmasin


SMA PGRI 2 Banjarmasin


Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru 2010-sekarang


Anggota Pelaksanan 4,





(Rizka Ayunda Putri )


NIM. J1D110009


























Daftar Riwayat Hidup Pembimbing


1.


Nama Lengkap dan Gelar : Totok Wianto, S.Si, M.Si

2.


Golongan / Pangkat/NIP : IIIb / Penata Tk.I/19780504 200312 1 004

3.


Jabatan Fungsional : Lektor

4.


TTL : Selat Baru, 04 Mei 1978

5.


Jenis Kelamin : Laki-laki

6.


Alamat Rumah : Jalan Rambai Tengah, Griya Wahyu Perdana Blok B No.5 RT.05 RW.04 guntung Paikat Banjarbaru.

7.


Alamat Kantor : FMIPA Unlam Banjarbaru


Jl. A. Yani Km. 35,800 Banjarbaru 70714 Kalsel


8.


Telp/Fax : 081521564158/0511-4773098

9.


Pendidikan : S2 Fisika FMIPA ITS Surabaya 2004

10.


Minat Penelitian : Fisika Material

11.


Penelitian :


Pengalaman Konsultan:


1.


Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) PT Galuh Cempaka – PPLH Unlam (2007 -2008)


Daftar Penelitian:


1.


Studi Potensi dan kelayakan penerapan energi Kincir angin di daerah desa Sei Riam Pelaihari, Kalimantan Selatan

2.


Penerapan Solar sel untuk penerangan di industri ternak ayam

3.


Eksplorasi Air Tanah Berdasarkan Karakteristik Kelistrikan Bumi dengan Konfigurasi Schumberger di Sungai Besar, Kota Banjarbaru (2007)

4.


Penentuan Pola Penyebaran Limbah Cair Berdasarkan Karakteristik Kelistrikan Bumi secara 3D di Sekitar Laboratorium Dasar FMIPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru (2006)

5.


Analisis Kualitatif dan Kuantitatif Bahan dengan Metode Perpendaran Sinar-X (X-Ray Flourescence) (2001)

6.


Analisis Korosi dengan Difraksi Sinar-X (XRD) (2003)

7.


Studi Penentuan Fraksi Volume pada Fase Kristal dalam Kristalisasi Bahan Amorphous Metal Berbasis Zirkonium (2003)

8.


Karakterisasi Perubahan Sifat Mekanik, Sifat Listrik dalam Kristalisasi Bahan Amorphous Metal Berbasis Zirkonium (2003)

9.


Studi Pembentukan dan Karakterisasi Bahan Nanokristal dari Bahan Gelas Metalik Berbasis Zirkonium (2004)

10.


Studi Potensi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Dalam Rangka Menggali Prospek Geowisata Di Daerah Cempaka Dan Sekitarnya Kota Banjarbaru (2005)



Daftar Publikasi:


1.


Wianto, T., Sri C.W., (2004), Analisis Pengaruh Perlakuan Panas Pada Pembentukan Nanodisperse Alloy Berbasis Zirkonium Dengan Difraksi Sinar-X (XRD) Dan Tunelling Electron Microscopy (TEM), Jurnal Fisika Fusi, Vol. 8, No. 3 Hal. 185.

2.


Wianto, T., (2004), Pengetahuan Dasar Batu Mulia dan Difraksi Sinar-X (XRD) Sebagai Instrumen Karakterisasi & Analisis, Struktur serta Komposisi batu Mulia, Makalah Seminar dan Lokakarya Gemstones, FMIPA, Unlam, Banjarbaru.

3.


Wianto, T., Nurmasari, (2004), Pengaruh Perlakuan Panas Pada Pembentukan Nanodisperse Alloy Berbasis Zirkonium, Kalimantan Scientiae, Th. XXII, No 64, Hal. 73.

4.


Wianto, T., Triwikantoro, (2003), Studi Penentuan Fraksi Volume pada Fase Kristal dalam Kristalisasi Bahan Amorphous Metal Berbasis Zirkonium, Prosiding Seminar Pascasarjana III 2003 ITS, Surabaya.

5.


Wianto, T., Triwikantoro, (2003), Karakterisasi Perubahan Sifat Mekanik, Sifat Listrik dalam Kristalisasi Bahan Amorphous Metal Berbasis Zirkonium, Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya 2003, Jurusan Fisika, FMIPA, ITS, Surabaya.


Banjarbaru, September 2010


Dosen Pembimbing,






(Totok Wianto, S.Si, M.Si)


NIP. 19780504 200312 1 004




Lampiran 2


Gambar 1. Produk keripik daun sirih (Piper betle linn) aneka rasa


renyah dan gurih yang kaya akan manfaat bagi kesehatan



0 komentar:





View blog authority